Selasa, 23 Oktober 2012

Samsung Prediksi Tahun Depan LG di Posisi 3 Untuk Smartphone

Berita terbaru yang sangat menarik datang dari Samsung. Bukan karena produk baru yang akan diluncurkan atau perang hak paten. Namun kali ini Samsung menilai kompetitor senegaranya, LG, akan bisa menjadi vendor smartphone global nomor 3 di tahun 2013.
Hal ini memang jarang terjadi dimana sebuah vendor memprediksikan kemajuan vendor lainnya yang notabene adalah kompetitornya. Berdasarkan informasi dari Samsung Securities, sebuah broker perpanjangan tangan dari Samsung grup, LG akan menjadi vendor smartphone nomor 3 di dunia pada tahun 2013 nanti. Namun, harap dicatat bahwa yang ada di dalam Samsung Securities bukanlah orang-orang yang membuat smartphone Samsung sehingga bukan mereka yang memberi penilaian tersebut.

Dalam pernyataan Samsung Securities disebutkan bahwa menurut laporan terakhir yang mereka dapatkan, nasib baik LG akan mulai terasa pada kuartal pertama 2013. Kepopuleran LG akan didongkrak dengan Optimus G, yang dalam rumor yang beredar merupakan varian dari Nexus, juga 2 suksesor yang hingga saat ini juga belum dirilis, yakni V2 dan GK. Optimus G sendiri kabarnya akan diluncurkan pada bulan November mendatang dan diperkirakan akan menjadi berkah bagi LG. Optimus G yang berjalan pada jaringan LTE ini sendiri akan dijual ke seluruh penjuru dunia dan tidak hanya di beberapa negara saja sehingga bisa dipastikan penyerapan ponsel tersebut dapat lebih menyebar dan tentu saja lebih banyak.
Menurut Samsung Securities, di kuartal pertama 2013 divisi smartphone LG akan mulai menangguk laba dan tidak akan merugi lagi karena penjualan smartphonenya akan mencapai 8-9 juta unit. Dengan jumlah penjualan tersebut, di akhir 2013 market share global dari LG diproyeksikan akan mencapai 5.8% atau naik dari 4% di tahun 2013.


Disebutkan, kemajuan dari LG tersebut juga dipengaruhi produksi ponsel LG yang akan berkualitas yang lebih baik dibanding kompetitornya dan LG juga akan memperluas distribusinya secara global dan menjual produknya lebih banyak sehingga bisa mengalahkan saingan-saingannya seperti Nokia, RIM, dan HTC. LG sendiri dengan rantai distribusi dan jangkauan pasar global yang kuat, sebenarnya cukup mengejar ketertinggalan dari HTC saja karena di tahun mendatang Nokia dan RIM diharapkan akan kehilangan pasar di kompetisi OS dimana Android telah merajai pasar dunia.
Apakah prediksi Samsung Securities tersebut akan menjadi kenyataan? Kita tinggal menunggu dan memantau perkembangan apa saja yang akan terjadi pada pertarungan para vendor smartphone tersebut karena dipastikan akhir tahun hingga awal tahun 2013 akan sangat panas karena masing-masing vendor smartphone dan penyedia OS tengah mempersiapkan kejutan-kejutan para produk mereka.


Sumber  :    http://www.jagatreview.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar