Minggu, 14 Oktober 2012

Pada Tahun 2016, Game Online Akan Semakin Berjaya

Bukan rahasia besar lagi kalau dewasa ini, dunia game online sudah bisa menyaingi dunia game lonsol. Lihat saja bagaimana perkembangan game online di Indonesia sendiri, dimana setiap tahunnya, selalu saja ada game online baru yang dibawa oleh para publisher-publisher terkemuka yang ada di sini. Sama juga halnya dengan apa yang diperkirakan oleh para analis yang ada di DFC Intelligence yang baru saja mengeluarkan sebuah angka perkiraan, kira-kira berapa pemasukan yang bisa didapatkan hanya di bidang game online saja



Menurut perkiraan mereka, pemasukan untuk pasaran game online di seluruh dunia itu bisa mencapai angka US$29 miliar pada tahun 2016 nanti, meningkat 84% dibandingkan dengan sebelumnya yang ‘hanya’ US$15.7 miliar di tahun 2010 yang lalu.


Dari laporan perkiraan pemasukan yang paling baru, sebagian besar pemasukan tersebut (US$23 miliar di tahun 2016 atau sekitar 88% dari total perkiraan semula), akan terus berdatangan dari game online yang ada di PC. Sebuah estimasi angka sebesar US$17 miliar itu akan berasal dari uang bulanan yang dibayarkan, penggunaan secara online serta pembelian barang-barang virtual (alias in-game item). Khusus untuk barang virtual, memang disebutkan kalau perkembangan di bagian tersebut berkembang dengan sangat cepat sekali.
Perusahaan tersebut pun telah meningkatkan sedikit perkiraan untuk industri game online yang ada dan mereka juga menurunkan perkiraan untuk konsolnya. Walau kebanyakan game konsol nantinya akan mulai mengemban model bisnis online untuk beberapa tahun mendatang, pertumbuhan di bagian tersebut ternyata lebih lambat dibandingkan dengan perkiraan mereka sebelumnya.

“Wii U adalah satu-satunya konsol baru yang ada sekarang dan Nintendo selama ini belum pernah benar-benar memfokuskan diri pada game-game online,” kata salah satu analis di DFC, David Cole. “Yang lebih penting lagi adalah siklus kehidupan konsolnya yang singkat serta adanya kecenderungan terbagi-baginya hardware konsol itu bisa menyulitkan bagi semua perusahaan yang berusaha untuk menerapkan model bisnis kreatif yang baru.”


Tapi perlu diingat juga, ada satu fakta yang mungkin akan menjadi pertimbangan utama mereka. Kalau Klikers mengikuti perkembangan serangan-serangan hacker ke publisher-publisher game online, situs game online dan masih banyak lagi situs lain, mungkin hal tersebut sudah akan membuat para pembuat konsol sedikit ragu untuk mulai masuk ke dunia online. So? Bagaimana kira-kira jawaban para perusahaan besar di luar sana?


Sumber  :  http://www.klikgame.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar