Rabu, 09 Januari 2013

DUNIA MAYA

Dunia maya adalah miniatur dunia nyata. Semua yang terjadi di dunia nyata tersaji juga di dunia maya. Bedanya, kejadian di dunia nyata tidak hanya terjadi di lingkungan sekitar melainkan di seluruh belahan dunia mana pun sedangkan di dunia maya semuanya tersaji di depan mata.
Ya, melalui dunia maya kita bisa menyaksikan luasanya dunia hanya melalui sebuah layar kaca yang berukuran tidak lebih besar dari sebuah meja. Menakjubkan, bukan? Sungguh sedemikian hebantnyakah dunia maya tersebut? Ya, memang hebat. Bahkan dunia maya mampu memerankan dua karakter utama, yakni antagonis dan protagonis dalam jangka wakyu yang sama.
Dalam sebuah rumah yang sama bernama dunia maya, penggunanya bisa mendapatkan banyak sekali kebaikan dan manfaat di satu jendela, namun bisa mendapatkan banyak sekali keburukan di jendela yang lainnya. Kebaikan dan keburukan dunia maya seakan tak berjarak, hanya jendela-jendela sajalah yang memisahkannya.
Penggunanya mempunyai kewenangan penuh untuk memilih apa yang mereka butuhkan. Jika manfaat yang hendak mereka cari, maka mereka akan memilih sebuah jendela yang baik. Namun jika keburukan yang mereka cari, maka mereka pun akan memilih jendela yang tidak baik. Kendali dunia maya berada di tangan para penggunanya.
Sisi Positif Dunia Maya
Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dunia maya menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan penggunanya. Beragam kebaikan dan manfaat bisa didapatkan dengan mudah. Untuk mengetahui segala kebaikan dan menfaat dunia maya tak perlu memakan banyak waktu atau biaya. Cukup dengan sekali klik dan masuki sisi positifnya, semua kebaikan dan manfaat itu akan disajikan dunia maya.
Apa saja manfaat serta kebaikan dari sisi positif dunia maya, berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Dunia maya adalah gudangnya ilmu dan informasi.
  • Dunia maya adalah Pemilik perusahaan yang akan dengan senang hati membayar pengguna yang bekerja untuknya.
  • Dunia maya adalah dokter sekaligus obat terbaik untuk berbagai macam penyakit.
  • Dunia maya adalah jembatan penyambung tali silaturahmi seluruh umat manusia di dunia.
  • Dunia maya adalah alat transportasi termurah dan tercepat dari dan ke suatu tempat yang hendak penggunanya tuju
Sisi Negatif Dunia Maya
Karena dunia maya merupakan miniatur dunia nyata, tentu saja bukan hanya sisi positif yang dimilikinya. Sisi negatif dunia maya pun banyak bisa dengan mudah menyapa penggunanya yang memang tidak berniat untuk mendapatkan sebuah manfaat positf.
Seperti halnya dunia nyata dipenuhi oleh orang baik dan jahat, dunia maya pun demikian. Orang baik akan berada di sisi positif, sedangkan orang jahat akan berada di sisi lainnya, yakni sisi negatif.
Apa saja keburukan dari sisi negatif dunia maya, berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Dunia adalah sarang kejahatan. Setiap orang bisa dengan mudah melakukannya di tempat ini.
  • Dunia maya adalah pemutus tali silaturahmi yang paling tajam.
  • Dunia maya adalah racun berbisa yang paling mudah menginfeksi pola pikir penggunanya, dan masih banyak lagi yang lainnya.



Sumber     :      ruhulawil.blog.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar