Kamis, 25 Oktober 2012

2013, Penetrasi Teknologi Wireless Akan Naik 107%

PENETRASI industri teknologi nirkabel memiliki tren terus meningkat dari tahun ke tahun.Bahkan, perkembangan penggunaan teknologi wireless di dunia diprediksi mencapai 107 persen pada 2013.

Dalam acara Qualcomm Editors’ Day 2010 di kantor pusat Qualcomm di San Diego, California, Amerika Serikat (AS), pada 16-18 Agustus lalu, perkembangan teknologi wireless menjadi salah satu topik utama acara tersebut.

2Vice President of Business Development with AT&T’s Emerging Devices Organization David Haight mengungkapkan peningkatan tajam atas perkembangan teknologi wirelessini tak dapat dihindari lagi. Berdasarkan data yang dimilikinya, pada 1995 penggunaan teknologi nirkabel di seluruh dunia hanya 13 persen.

Namun, lima tahun kemudian, yakni tahun 2000, terjadi peningkatan tajam hingga mencapai 38 persen. Perkembangan signifikan itu terus terjadi seiring perkembangan kemajuan teknologi wireless di seluruh dunia,berturut-turut 2005 meningkat 69 persen dan 2008 (87 persn).

David Haight menuturkan, seiring kemajuan teknologi wireless, penggunaan teknologi mobile broadband pada AT&T juga meningkat pesat yakni lebih dari 5.000 persen dalam 3 tahun terakhir.

“Kami memperkirakan konektivitas mobile broadband akan mencapai 40% hingga 60% lagi dalam lima tahun ke depan,”ungkap David Haight.

Bagaimanapun, menurut dia, saat ini sebuah generasi baru teknologi konektivitas wireless telah hadir dalam kehidupan modern masyarakat dunia mulai PNDs (mobile navigation),e-Readers,teknologi tablet, teknologi tracking, peralatan untuk menunjang game, (in-car) telematics, teknologi komputer, Smart matter, Healthcare, dan masih banyak lagi.

Untuk diketahui, Qualcomm Editors’ Day 2010 adalah ajang tahunan yang diselenggarakan Qualcomm. Dalam event kali ini, acara yang dihadiri sekitar 30 jurnalis dari seluruh dunia ini terbilang istimewa karena bersamaan dengan ulang tahun ke-25 Qualcomm yang telah mencapai kesuksesan yang luar biasa.

 Tak kurang dari 20 pembicara dihadirkan, termasuk founder Dr Irwin Jacobs dan Chairmen and CEO Qualcomm Dr Paul Jacobs untuk memaparkan perkembangan bisnis wireless, termasuk keberhasilan Qualcomm dalam usianya yang menginjak seperempat abad tersebut.
Qualcomm juga menghadirkan mitra kerjanya dari AT&T dan HTC sebagai pembicara. Lebih jauh, kemajuan teknologi wireless sangat mencolok juga dirasakan dalam dunia cell phone dan internet.

Manager of Government Affairs Qualcomm Erica Whinston menyebutkan, saat ini penetrasi global mobile phone sebanyak 66 persen. “Artinya, untuk 100 penduduk di seluruh dunia, 66 orang telah memiliki handphone,” kata Erica.

Meski tak sebesar cell phone, penetrasi internet secara global telah mencapai angka 28,7 persen. Vice President of Product Development HTC kawasan Amerika Utara, Martin Fichter, juga sependapat terkait pesatnya kemajuan teknologi nirkabel di dunia, khususnya bidang cell phone.

Bahkan, menurut dia,penetrasi cell phone di seluruh dunia diprediksi mencapai 80 persen dari penduduk dunia pada 2014.Di Amerika Serikat (AS),perkembangan mobile phone juga sangat signifikan. Dia menyebutkan dari tahun 2005 hingga 2009 perkembangan mobile phone mencapai 500 persen di AS. Apalagi,saat ini telah hadir banyak pilihan mobile phone yang didukung teknologi canggih seperti smartphone.

“Smartphone saat ini tak hanya dipakai untuk kepentingan berbisnis. Namun,adanya perkembangan jaringan konektivitas data, smartphone sudah menjadi kebutuhan semua orang di dunia,” katanya.

Dia mencontohkan, saat ini semua orang sudah menggunakan berbagai jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, untuk melakukan interaksi sosial atau memenuhi kebutuhan pribadinya. HTC yang teknologi chipset-nya didukung penuh oleh Qualcomm saat ini sedang memfokuskan penjualan ke Amerika Utara dan Eropa Barat.

 
 Sumber :   http://amrydeary.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar